• White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
  • White Facebook Icon

Program Setingkat SMP & SMA

Seni & Sains

Durasi: 3 tahun

Program pembelajaran di sekolah ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang mereka butuhkan di masa depan. Siswa akan belajar dalam ekosistem yang menghubungkan mereka dengan industri maupun masyarakat dan bereksperimen mengatasi masalah melalui proyek yang mereka rancang. Daripada menyeragamkan pemelajar, kami memilih untuk merayakan keberagaman pemelajar dengan memungkinkan siswa untuk merencanakan pembelajarannya sendiri berdasarkan minat dan cara belajar mereka. Orang dewasa bertindak sebagai nara sumber dan fasilitator untuk membimbing setiap siswa dalam perjalanan belajar mereka.

Kenapa seni & sains?

Sejak awal peradaban manusia, seni dan sains memiliki kontribusi yang sama terhadap pemahaman tentang bagaimana alam semesta bekerja dan untuk perbaikan hidup manusia secara keseluruhan.

Terlebih lagi, di dunia yang berubah dengan cepat seperti hari ini, perbedaan antara seni dan sains menyempit, dan untuk dapat menciptakan sesuatu atau untuk memecahkan masalah tertentu, seringkali, membutuhkan seni dan sains untuk bekerja bersama secara terpadu.

 

Erudio Indonesia, melalui media seni dan sains, menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi kekuatan dan potensi unik mereka, mempersiapkan mereka untuk masa depan mereka, belajar tentang hal-hal yang penting, menggali isu-isu pelik, dan mengatasi masalah paling menantang di dunia. 

Kami percaya bahwa setiap siswa adalah unik. Masing-masing dari mereka memiliki minat dan cara belajar mereka sendiri. Alih-alih menyuapi mereka dengan pengetahuan, kami mendorong siswa untuk mengeksplorasi materi, mengajukan pertanyaan, dan berbagi ide. Bukan hanya menghafal fakta dan materi, siswa di sini menggali ilmu sembari menerapkannya. Gaya belajar ini akan memungkinkan siswa untuk membangun pengetahuan melalui eksplorasi, pengalaman, dan diskusi.

Pembelajaran Berbasis

Kebutuhan

Proyek Mandiri

Di Erudio, siswa dapat memulai proyek, merancang proyek pribadinya dan menentukan kriteria penilaian mereka sendiri. Setiap siswa akan dinilai berdasarkan perkembangan diri yang dicapainya, konsistensi dalam proses pengerjaan dan hasil karya akhirnya tidak hanya oleh pengajar namun juga oleh praktisi.

Program apa saja yang dimiliki Erudio Indonesia?

01

Erudio Indonesia memiliki berbagai tingkatan program pembelajaran, diantaranya:

  • Program setingkat SMP

  • Program setingkat SMA

  • Program Lanjut Studi Level 4 & Level 5 atau setara D2 & D3

Kenapa berformat sekolah non-formal (PKBM)?

03

Dengan format sekolah non-formal Erudio Indonesia memiliki ruang yang lebih luas untuk meningkatkan minat dan bakat siswa. Selain itu, memungkinkan siswa dapat membuat proyek berdasarkan riset dan kurikulumnya sendiri.

Apakah lulusan Erudio Indonesia bisa diterima di Universitas Negeri atau Universitas Swasta?

05

Bisa. Sudah banyak alumni Erudio Indonesia yang melanjutkan studinya di Universitas Negeri dan Universitas Swasta. Erudio Indonesia memfasilitasi setiap pathway yang dipilih siswa, baik itu pilihan untuk gap year, magang, langsung bekerja, juga lanjut studi.

Dengan menggunakan sistem belajar demokratis, bagaimana Erudio Indonesia memastikan siswa teratur dan tidak liar?

07

Sistem demokrasi berbeda dengan sistem liberal, di mana tujuan dari sistem ini adalah membantu siswa menemukan jati diri dan alasan mengapa mereka harus melakukan sesuatu. Siswa juga belajar untuk menjadi bagian dari sebuah komunitas, dimana semua perbuatannya harus dapat dipertanggungjawabkan. Ketika ada tindakan siapapun yang mengganggu orang lain, siapapun berhak untuk mengkomunikasikannya dan menyepakati koreksi-koreksi tertentu demi kenyamanan bersama.

Mata Pelajaran apa saja yang dipelajari di Erudio Indonesia?

09

Di sekolah kami, mata pelajaran sendiri dibagi menjadi tiga pengelompokkan, yaitu:

  • Mata Pelajaran Dasar, merupakan kelas yang berisi landasan keilmuan dan bertujuan untuk menyamakan bahasa dan kerangka berpikir dalam berproyek. Contoh Mata Pelajaran Dasar: Project Development, Conceptual Thinking, Medium in Art and Design dan General knowledge of Science.

  • Mata Pelajaran Penawaran, merupakan kelas yang ditawarkan oleh sekolah dan bertujuan untuk mendukung pengerjaan proyek dan/atau persiapan kelulusan ke jenjang selanjutnya. Contoh Mata Pelajaran Penawaran: Product Design, Animasi, Mythology dan Basic Programing.

  • Mata Pelajaran Usulan, subyek atau ilmu tertentu yang belum tersedia di mata pelajaran wajib dan penawaran dapat diusulkan untuk diadakan. Siapapun boleh mengajar, mulai dari siswa, orang tua, staf dan spesialis external.

Bagaimana peran orang dewasa di Erudio Indonesia?

11

Orang dewasa memiliki perannya masing-masing dalam membantu siswa menjalankan proses pembelajaran, berikut perannya:

  • Fasilitator: Guru yang memiliki keahlian / keterampilan di bidang ilmu tertentu, yang mengajar sesuai dengan bidang keahliannya.

  • Spesialis Internal: Guru yang bertanggung jawab dalam mendampingi siswa untuk menyiapkan, menjalankan, mengevaluasi proyek siswa.

  • Spesialis Eksternal: Praktisi dari luar yang memiliki keahlian / keterampilan di bidang ilmu tertentu yang bisa menjadi pengajar dan/atau konsultan proyek siswa

Apakah Erudio Indonesia terdaftar di Kementerian Pendidikan?

02

Erudio Indonesia terdaftar dan berizin sebagai sekolah non-formal atau Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM).

Apa saja ijazah yang disediakan oleh Erudio Indonesia?

04

Kami menyediakan sertifikasi Ujian Nasional Kesetaraan Paket B & Paket C, Foundation Diploma BTEC Level 3, Level 4 & Level 5 dan A-Level untuk siswa yang mungkin membutuhkannya.

Apabila anak saya ingin melanjutkan studi ke luar negeri, akankah Erudio Indonesia membantu proses lanjut studinya?

06

Erudio Indonesia akan membantu siswa menemukan program studi yang sesuai dengan peminatan dan situasi siswa, serta universitas mana yang sesuai dengan program studi yang diinginkan. Selain menemukan, Erudio Indonesia juga membantu memproses dan bekerjasama dengan universitas yang diinginkan.

Bagaimana proses pembelajaran berlangsung?

08

Di Erudio Indonesia, siswa ditempatkan sebagai bagian dari sekolah seni atau sekolah sains. Hal ini dilakukan agar siswa dapat mempelajari kedalaman yang cukup terkait dengan medium dalam seni atau sains. Namun, sangat mungkin dan mendorong siswa untuk mengambil mata pelajaran lintas sekolah. Secara umum, proses pembelajaran dipusatkan pada proyek. Siswa dapat memulai proyek mereka sendiri pada topik yang mereka minati. Setiap mata pelajaran akan disampaikan untuk mendukung proyek siswa. Beberapa kelas akan menjadi kelas diskusi, yang lain mungkin merupakan kelompok kritik. Proyek adalah cara siswa dapat mengeksplorasi kemungkinan jalur yang dapat mereka ambil setelah sekolah menengah. Ini juga dapat menjadi media bagi siswa untuk belajar bagaimana bekerja dalam lingkungan dunia nyata di mana mereka perlu menetapkan tujuan, jadwal, dan penganggaran keuangan mereka sendiri (jika perlu), melakukan penelitian, berbicara dengan para ahli, dan akhirnya mempresentasikan hasil mereka.

Mata Pelajaran di Erudio Indonesia berbeda dengan sekolah umumnya, bagaimana anak saya bisa mendapat ijazah?

10

Untuk mempersiapkan siswa mengikuti ujian Kesetaraan Paket B & Paket C, Foundation Diploma BTEC Level 3, 4 & 5 dan A-Level, kami menyediakan kelas persiapan ujian dan ada beberapa kelas wajib yang perlu diambil siswa. Namun, seperti yang mungkin telah Anda perhatikan, Erudio Indonesia lebih berfokus pada proses eksplorasi dan penemuan diri, yaitu untuk membantu siswa menemukan peran mereka dalam masyarakat, mengidentifikasi masalah, dan mempelajari berbagai media yang dapat mereka gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Karenanya, kelas ujian dan sertifikat ini adalah opsional dan bersifat tidak wajib untuk semua siswa. Ini hanya dirancang untuk siswa yang mungkin membutuhkannya demi kepentingan pendaftaran lanjut studi ke perguruan tinggi.

Apa saja persyaratan untuk bisa mendaftar ke sekolah ini?

12

Siapapun bisa mendaftar dan diterima di Erudio Indonesia apabila sudah melewati proses seleksi. Proses seleksi terdiri dari Asesmen Proyek Awal (APA), wawancara calon siswa dan wawancara calon orang tua siswa. Calon siswa juga diharapkan membawa dan mempresentasikan 2-5 portofolio yang dimilikinya dalam setahun terakhir, baik berupa fisik maupun digital. Portofolio untuk peminatan seni dapat berupa karya seni (lukisan, foto, video, animasi dan lain-lain). Portofolio untuk peminatan sains dapat berupa jurnal, eksperimen, hasil kompetisi, nilai rapor atau pengalaman berproyek.

Tanya Jawab

 

Penerimaan siswa baru SMP dan SMP untuk tahun akademik 2021/2022 saat ini sudah dibuka!

Akan ada Asesmen Proyek Awal dan wawancara bagi calon siswa dan orang tua calon siswa yang mendaftar untuk program ini.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses halaman: Cara Mendaftar atau menghubungi kami melalui email: pendaftaran@erudioindonesia.sch.id.

Anda juga dapat menghubungi langsung Staf Hubungan Masyarakat kami di 0817 7080 4090 (Ms. Diyah). Hubungi kami jika Anda ingin mengunjungi sekolah kami, kami akan dengan senang hati menyambut Anda!

Siap untuk Mendaftar?

Jl. Kp. Ciater No.35, RT.1/RW.12, Rawakalong, Kec. Gn. Sindur, Bogor, Jawa Barat 16340

021 - 756 850 13

081 770 804 090 (Ms. Diyah)

  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook

Copyright © 2020 Erudio Indonesia.