• White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
  • White Facebook Icon

Program SMA Erudio Indonesia

Seni & Sains

Durasi: 3 tahun

Program pembelajaran di sekolah ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang mereka butuhkan di masa depan. Siswa akan belajar dalam ekosistem yang menghubungkan mereka dengan industri maupun masyarakat dan bereksperimen mengatasi masalah melalui proyek yang mereka rancang. Daripada menyeragamkan pemelajar, kami memilih untuk merayakan keberagaman pemelajar dengan memungkinkan siswa untuk merencanakan pembelajarannya sendiri berdasarkan minat dan cara belajar mereka. Orang dewasa bertindak sebagai nara sumber dan fasilitator untuk membimbing setiap siswa dalam perjalanan belajar mereka.

Kenapa seni & sains?

Sejak awal peradaban manusia, seni dan sains memiliki kontribusi yang sama terhadap pemahaman tentang bagaimana alam semesta bekerja dan untuk perbaikan hidup manusia secara keseluruhan.

Terlebih lagi, di dunia yang berubah dengan cepat seperti hari ini, perbedaan antara seni dan sains menyempit, dan untuk dapat menciptakan sesuatu atau untuk memecahkan masalah tertentu, seringkali, membutuhkan seni dan sains untuk bekerja bersama secara terpadu.

 

Erudio Indonesia, melalui media seni dan sains, menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi kekuatan dan potensi unik mereka, mempersiapkan mereka untuk masa depan mereka, belajar tentang hal-hal yang penting, menggali isu-isu pelik, dan mengatasi masalah paling menantang di dunia. 

Kami percaya bahwa setiap siswa adalah unik. Masing-masing dari mereka memiliki minat dan cara belajar mereka sendiri. Alih-alih menyuapi mereka dengan pengetahuan, kami mendorong siswa untuk mengeksplorasi materi, mengajukan pertanyaan, dan berbagi ide. Bukan hanya menghafal fakta dan materi, siswa di sini menggali ilmu sembari menerapkannya. Gaya belajar ini akan memungkinkan siswa untuk membangun pengetahuan melalui eksplorasi, pengalaman, dan diskusi.

IMG_8592.JPG

Pembelajaran Berbasis

Kebutuhan

Proyek Mandiri

Di Erudio, siswa dapat memulai proyek, merancang proyek pribadinya dan menentukan kriteria penilaian mereka sendiri. Setiap siswa akan dinilai berdasarkan perkembangan diri yang dicapainya, konsistensi dalam proses pengerjaan dan hasil karya akhirnya tidak hanya oleh pengajar namun juga oleh praktisi.

Siklus Belajar

1. DISCOVERY

Mengembangkan kesadaran diri siswa, pemahaman, serta kepercayaan diri terhadap kemampuan dan kekuatan masing-masing individu.

Mengajak siswa untuk menerapkan kegemaran, pengetahuan dan kekuatannya untuk menciptakan sebuah karya yang tak lekang waktu.

Membimbing siswa untuk mencari tahu kegemarannya, tujuan hidupnya dan kepribadian uniknya.

4. PERSONALITY

5. ACHIEVEMENT

2. EXPLORATION

Mendorong siswa untuk menjadi berani, eksploratif, penasaran, menantang kebiasaan, menganalisa dan meriset, serta melihat dunia melalui perspektif yang beragam.

3. PRESENTATION

Melatih siswa dalam berkomunikasi: untuk
mendengar, berempati dan mempresentasikan dirinya masing-masing ke dunia yang nyata.

Dalam pelaksanaan proyek, murid diminta untuk melakukan proyek yang mencakup siklus belajar Erudio Indonesia. Siklus ini dikembangkan dari teori Kolb and Fry (1974), Honey and Mumford (1986), Alistair Smith Learning (2015), John E. Arnold (1959) dan lebih dari 10 tahun pengalaman Erudio Indonesia di dunia pendidikan.

Merupakan kelas yang berisi landasan keilmuan dan bertujuan untuk menyamakan bahasa dan kerangka berpikir dalam berproyek. Mata pelajaran dasar diampu oleh spesialis internal.

Mata Pelajaran Penawaran

Merupakan kelas yang berisi landasan keilmuan dan bertujuan untuk menyamakan bahasa dan kerangka berpikir dalam berproyek. Mata pelajaran dasar diampu oleh spesialis internal.

Mata Pelajaran Usulan

Merupakan kelas yang dibuka dan/atau diminta oleh warga Erudio Indonesia. Mata pelajaran usulan diampu oleh spesialis internal, spesialis eksternal, anak, atau orang tua.

Mata Pelajaran Dasar

Penerimaan siswa baru SMA untuk tahun akademik 2021/2022 saat ini sudah dibuka!

Akan ada Asesmen Proyek Awal dan wawancara bagi calon siswa dan orang tua calon siswa yang mendaftar untuk program ini.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses halaman: Cara Mendaftar atau menghubungi kami melalui email: pendaftaran@erudioindonesia.sch.id.

Anda juga dapat menghubungi langsung Staf Hubungan Masyarakat kami di WhatsApp

0817 7080 4090 (Ms. Didiy). Hubungi kami jika Anda ingin mengunjungi sekolah kami, kami akan dengan senang hati menyambut Anda!

Siap untuk Mendaftar?